Bagaimana Mengetahui Kapasitas Hard Disk pada Komputer

Pada artikel ini akan dijelaskan apa yang harus dilakukan jika ingin  mengetahui atau melihat kapasitas penyimpanan PC atau Hard Drive  di Windows 10. Ada beberapa cara untuk melakukannya, dan itu bisa dilakukan dengan sangat mudah. Kita tahu, bahwa saat mencari atau membeli komputer yang harus diketahui adalah tentang kapasitas penyimpanannya apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Tapi, bagaimana Anda tahu berapa banyak kapasitas Hard Drive?  

Banyak sekali kapasitas penyimpanan yang nantinya dibagi sesuai dengan kegunaan. Meski begitu, sangat mudah untuk mengetahui data ini untuk mengetahui total kapasitas PC atau Hard Drive Anda. Dengan cara ini, Anda dapat memprediksi seberapa banyak ruang pada hard drive PC untuk berbagai kebutuhan.  

Untuk memulainya, pastikan jika media penyimpanan ini menggunakan HDD atau SDD. Caranya adalah dengan masuk ke  jendela “Computer”,  yang dapat Anda akses dari menu Start Windows atau dengan membuka File Explorer dan mengklik “Computer” pada menu di sebelah kiri jendela. 

Cara lain untuk melihat kapasitas penyimpanan PC adalah melalui panel “Pengaturan Windows”. Buka bilah tugas dan ketik “Pengaturan” dalam pencarian atau tekan ikon pengaturan di panel notifikasi. Di  jendela Pengaturan Windows , klik ikon “Sistem”. Di sisi kiri pilih opsi “Penyimpanan” dari menu. Dengan cara ini Anda akan dapat melihat kapasitas Hard Drive atau partisi dan total kapasitas masing-masing. 

Dengan cara ini Anda bisa mengklik salah satu unit penyimpanan dan melihat ruang yang ditempati file di dalam Hard Drive. Dengan demikian, Anda bisa mengosongkan ruang dan fungsi untuk kegunaan lainnya dan mengelola kapasitas penyimpanan komputer Anda. Selain itu, Anda dapat mencoba mencari tahu berapa banyak ruang yang digunakan program sehingga memastikan apakah perlu mengganti yang baru atau tidak.  

Cukup banyak sebenarnya cara yang bisa dilakukan namun Anda bisa memulainya dengan menggunakan Manajemen Disk. Untuk membuka alat ini, buka bilah tugas dan ketik “Manajemen Komputer”. Ketika jendela “Manajemen Komputer” terbuka, pilih “Penyimpanan” dari menu di sisi kiri jendela. Dan kemudian “Manajemen Disk.” Di sisi kanan, Anda akan melihat grafik berbeda  yang akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Hard Drive dibagikan  dan jika ada ruang yang tidak digunakan. 

Selain itu, Anda dapat memperluas atau membuat partisi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan penyimpanan di PC Anda. Tapi hati-hati, karena Anda dapat membuat segala data hilang atau mengalami kerusakan pada sistem operasi jika Anda tidak tahu cara menggunakan alat ini dengan baik. 

Untuk itu,  ada cara lain untuk mengetahui data persis kapasitas Hard Drive Anda. Cari di taskbar dan ketik “msinfo.” Buka hasil “Sistem Informasi”. Di menu di sebelah kiri klik “Ringkasan Sistem” dan kemudian ”  Komponen”. Kemudian klik “Penyimpanan” dan pilih “Disk.” Anda akan melihat laporan rinci tentang unit penyimpanan PC Anda. Label “Ukuran” menunjukkan  kapasitas total Hard  Drive Anda dalam Gigabytes dan Bytes. 

Dengan cara ini, Anda akan dapat memperoleh informasi yang tepat tentang kapasitas penyimpanan Hard Drive Anda. Keuntungannya sudah pasti Anda akan mudah mengelola ruang yang ada bahkan bisa memperbaiki sistem atau file yang tepat.  

Bagaimana, tidak sulit bukan untuk mengetahui kapasitas Hard Disk yang Anda milliki pada komputer sebelum memutuskan untuk membeli. Apalagi, bagi Anda yang memang bekerja dengan menggunakan file atau program yang cukup berat dan membutuhkan memori yang banyak.  

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *