Bagaimana Menampilkan File Tersembunyi karena Virus di Windows 10

Semakin canggih teknologi khususnya di bidang komputer dan jaringan internet menawarkan kemudahan bagi umat di dunia. Kalau dulu komunikasi hanya bisa dilakukan lewat telepon atau surat, namun kini jarak itu sudah semakin dekat. Bahkan, untuk yang sifatnya hiburan pun sangat mudah diakses tanpa ada batasan sama sekali. Namun, dibalik kemudahan tersebut justru menawarkan satu hal yang cukup meresahkan. Apalagi kalau bukan virus dimana makin hari bentuk dan modelnya semakin bervariasi. 

Nah, kalau sudah begini maka mau tidak mau Anda harus menggunakan antivirus yang mumpuni. Jika tidak, maka kerusakan jelas sudah didepan mata seperti sulitnya menampilkan file yang disembunyikan oleh virus di Windows 10. Itulah mengapa Anda harus sangat berhati-hati saat  mengunduh file, video, program, atau jenis materi lainnya karena jika tindakan pencegahan yang tepat tidak dilakukan, hal itu dapat berdampak pada komputer dan perangkat. 

Aapun virus yang paling umum menyerang komputer Anda adalah Trojan. Jadi Anda harus mengambil banyak tindakan pencegahan untuk melindungi komputer Anda. Dan resiko paling umum yang terjadi pada komputer dikarenakan virus  adalah sistem tidak mampu menyeimbangkan fungsi PC dan perangkat seluler yang benar. 

Virus merusak program dan file serta  menghancurkan atau menghapus informasi yang penting bagi pengguna. Ia bahkan dapat menyembunyikan informasi dalam struktur sistem, bahkan lebih menjengkelkan. Pada umumnya perangkat yang paling rentan terhadap serangan virus adalah Flashdisk atau memori USB. 

Tampilkan file tersembunyi oleh virus di Windows 10 dengan cara mudah 

Jika komputer, laptop, atau perangkat removable Anda mengalami masalah ini, tidak perlu panik. Karena kondisi ini tidak berarti hilang sama sekali namun seperti namanya, file tersebut disimpan atau disembunyikan oleh virus.  

Berita baiknya adalah Windows 10 explorer memungkinkan Anda untuk memulihkan file tersembunyi yang disebabkan oleh virus. Pertama, Anda harus menghubungkan perangkat yang dapat dilepas ke komputer Anda dan cari bagian  “Peralatan”  untuk memasukkannya. 

Setelah perangkat dimasukkan, masuk ke folder tempat file yang disembunyikan oleh virus ini berada. Akses bagian  “Tampilan” yang  terletak di kiri atas layar. Klik pada bagian yang ditunjukkan di atas, maka akan ditampilkan dengan menu yang berisi 4 bagian: desain, tampilan saat ini, tampilkan atau sembunyikan, dan opsi.  

Buka panel ”  Tampilkan atau Sembunyikan “, di sana Anda akan melihat sekumpulan kotak. Pilih salah satu yang mengatakan ”  Elemen Tersembunyi  .” Dengan cara ini, semua file yang disembunyikan oleh virus akan muncul. Anda juga dapat mengalami masalah bahwa file pada memori USB Anda disembunyikan oleh virus dan Anda perlu memulihkannya dari memori USB. 

Namun, Anda harus menyadari bahwa fungsi ini tidak bisa menghapus virus . Jadi komputer atau perangkat Anda akan terus terinfeksi dan hal ini akan terus muncul lagi setiap kali Anda menggunakan komputer, perangkat atau memori yang dapat dilepas. Bahkan dapat mempengaruhi komputer lain, menyebabkan masalah serupa di masing-masing komputer. 

Untuk mengatasinya, seperti yang dijelaskan diawal artikel bahwa penggunaan antivirus sangatlah diperlukan terlebih jika Anda memilih yang terbaik dan resmi. Sistem kinerjanya yang potensial mencegah masuknya virus.  

Program antivirus ini mudah ditemukan di pasaran dan membuat Anda mudah untuk mengetahui atau menganalisa komputer. Ada beberapa antivirus yang bisa Anda pilih seperti Windows Defender, Avira Antivirus, Panda Free Antivirus, Bitdefender Antivirus Free Edition, Kaspersky Free, Avast Free Antivirus, AVG Antivirus Free. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *